Cara Memperbanyak ASI setelah Melahirkan dengan Tepat

Pasca melahirkan peran wanita telah berubah menjadi seorang ibu. Peran ini akan memberikan tanggung jawab baru bagi seorang wanita, dimana ia harus membesarkan anaknya dengan baik serta mencukupi segala kebutuhan anaknya. Nutrisi yang paling penting bagi bayi yang baru lahir adalah ASI. ASI adalah makanan pokok bagi bayi dengan memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Cara memperbanyak ASI setelah melahirkan terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan dengan mudah oleh seorang ibu agar produksi ASInya memenuhi asupan kebutuhan bayi.

Cara Memperbanyak ASI setelah Melahirkan dengan Aman dan Tepat ASI bagi seorang bayi adalah kebutuhan utama. Maka dari itu pentingnya ibu untuk memproduksi ASI sebanyak mungkin. Akan tetapi, bagi seorang ibu yang baru melahirkan tentunya akan menemukan kesulitan – kesulitan tertentu dalam memproduksi ASI. Karena masih baru dan belum banyak distimulus untuk mengeluarkan air susu. Berikut ini cara memperbanyak ASI setelah melahirkan yang dapat dilakukan dengan aman dan tepat:
  • Meminum suplemen penambah ASI. Pasca melahirkan jika air susu ibu tidak kunjung keluar sedangkan sang bayi sudah terus menerus menangis. Maka biasanya dokter akan memberikan suplemen untuk merangsang produksi ASI. Suplemen ini jelas aman jika langsung dengan resep dan juga anjuran dari dokter yang menangani anda selama masa proses persalinan. Suplemen ini biasanya membantu untuk seorang ibu dalam memproduksi ASI lebih banyak. Dengan produksi ASI yabg banyak maka kebutuhan bayi juga akan ikut terpenuhi.
  • Lakukan pemompaan ASI, bagi ibu yang baru melahirkan biasanya ASI susah untuk keluar walaupun sudah mencoba menyusui bayi. Maka cara yang bisa anda lakukan adalah memompa payudara dengan alat pompa yang bersih dan aman agar merangsang ASI agar memproduksi.
  • Makanlah makanan yang dapat memperbanyak produksi ASI. Jenis makanan seperti daun katuk dan biji – bijian akan membantu produksi ASI meningkat. Cara ini bisa anda lakukan dengan mengkonsumsinya sebelum melahirkan dan pasca melahirkan. Nutrisi ini tepat bagi ibu hamil dan menyusui karena akan bermanfaat untuk bayinya juga.
  • Selalu intens memberikan ASI bagi bayi. Bayi yang baru lahir akan selalu terangsang untuk menangis dan menginginkan ASI dari ibunya. Sehingga sebisa mungkin selalu lakukan yang terbaik bagi bayi anda jika sudah menangis, dengan seringnya bayi meminum ASI eksklusif langsung dari ibunya maka meningkatkan juga produksi ASI yang dihasilkan.
Manfaat dari ASI untuk Bayi. Setelah megetahui cara memperbanyak ASI setelah melahirkan. Selanjutnya dibahas tentang kandungan dari ASI, sebagai nutrisi utama ASI adalah nutrisi yang mengandung banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk bayi. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :
  • Sebagai nutrisi pokok bagi bayi, dengan rutin mengkonsumsi ASI selama 2 sampai 3 jam sehari bayi akan bertumbuh kembang menjadi lebih optimal. Tumbuh kembang bayi salah satunya yang sangat mempengaruhi adalah dari ASI yang diberikan. Semakin baik kandunga ASI yang diberikan maka semakin baik pula manfaatnya untuk bayi. Maka dari itu seorang ibu yang menyusui harus selalu menjaga pola makannya karena setiap makanan yang dikonsumsi sang ibu akan mempengaruhi jiga kualitas ASI yang diberika untuk bayinya. Setidaknya setiap hari seorang ibu harus mengkonsumsi buah dan sayur serta meminum air putih untuk mencukupi kebutuhan gizi bayinya.
  • ASI memberikan manfaat untuk kecerdasan otak bayi. Selain sebagai proses tumbuh kembang dalam hal pertumbuhan tulang, ASI juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.
  • Akan lebih terhindar dari penyakit. Bayi di usia awal baru di lahirkan akan sangat sensitif terhadap virus dan bakteri yanh mmenyebabkan infeksi di dalam beberapa bagian tubuhnya sehingga peranan ASI adalah sebagai antibodi agar tidak mudah terserang infeksi yang bahayanya akan fatal kedepannya.
  • ASI akan mampu mendekatkan hubungan emosional antara ibu dan anak. Dengan seringnya diberikan ASI anak akan sadar dengan keberadaan sang ibu sebagai orang yang sangat penting dalam hidupnya.
  • ASI bermanfaat juga untuk seorang ibu menyusui. Karena menurunkan resiko kanker payudara dan kanker ovarium. Mengapa demikian? Karena saat menyusui sang ibu akan menurunkan kadar hormon estrogennya. Hingga kecil kemungkinan terserang kanker.
Mengingat pentingnya ASI untuk kehidupan bayi di masa awal perkembangannya mmaka dari itu seorang ibu harus sebisa mungkin mengoptimalkan untuk memproduksi ASI. Cara memperbanyak ASI setelah melahirkan yang telah dijelaskan sebelumnya dapat menjadi alternatif bagi anda untuk dilakukan. Karena caranya cukup mudah serta aman dilakukan. Hal penting juga yang perlu diperhatikan oleh ibu pasca melahirkan adalah dengan mengatur waktu istirahat yang cukup. Kondisi psikologis yang baik akan berpengaruh pula pada produksi ASI. Tanggung jawab sebagai ibu ini memang berat namun hal ini adalah tantangan yang menyenangkan pada akhirnya dengan melihat tumbuh kembang anak.
Description: Cara Memperbanyak ASI setelah Melahirkan dengan Tepat
Rating: 4.5
Reviewed by: Yudhi Irawan
On: 5:18 AM
TOP