10 Cara Menghilangkan Ngorok (Mendengkur)

Ngorok atau mendengkur pernah dialami semua orang ketika sedang tertidur. Ngorok terkadang mengganggu seseorang di sekitarnya karena suara yang ditimbulkan. Suara yang ditimbulkan karena seseorang tidak dapat memindahkan udara dari tenggorokan ataupun hidung saat sedang tidur. Udara yang tidak dapat keluar masuk dengan lancar dapat membuat jaringan di sekitar bergetar sehingga menghasilkan suara ngorok. Mendengkur lebih sering dialami seorang pria dibandingkan wanita, serta akan semakin memburuk saat bertambahnya usia.

Faktor yang Menyebabkan Tidur Ngorok

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ngorok, antara lain :
  • Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan menjadi salah satu masalah utama. Hal ini dikarenakan leher dan tenggorokan yang kegemukan akan membuat aliran udara menyempit dan mengakibatkan suara dengkuran.
  • Usia
Ketika usia sudah mendekati usia pertengahan atau usia dewasa, maka akan meningkatkan resiko tidur ngorok, karena otot tenggorokan mulai kendur dan tenggorokan menyempit.
  • Alkohol, Rokok, dan obat - obatan
Alkoloh, rokok dan obat-obatan khususnya obat-obat penenang dapat menimbulkan tidur ngorok karena obat penenang dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks.
  • Posisi Tidur
Posisi tidur terlentang terkadang dapat membuat anda mendengkur atau ngorok. Hal ini dikarenakan lidah dan jaringan sekitar menghalangi jalannya napas keluar masuk.
  • Jenis kelamin
Pria memiliki saluran udara yang lebih sempit dibandingkan wanita sehingga memungkinkan pria lebih sering mengalami ngorok. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau seorang wanita juga bisa mengalami ngorok.

Jenis-jenis Ngorok

Pemahanan seseorang tentang jenis ngorok yang dialami sangat penting dalam menentukan ha yang menjadi penyebab ngorok sehingga dapat memudahkan dalam mencari solusi penyembuhan. Akan tetapi dibutuhkan bantuan seseorang untuk memperhatikan anda saat tidur, karena diri sendiri tidak dapat menyadari kodisi ngorok yang dialami. Berikut beberapa jenis ngorok yang terjadi.
  • Mendengkur Hidung
Jika sedang mengalami flu atau kondisi hidung tersumbat dapat menyebabkan saluran udara tertutup atau menyempit sehingga menimbulkan suara ngorok.
  • Mendengkur Mulut
Mendengkur sering terjadi karena anda bernapas melalui mulut ketika sedang tidur. Mintalah seseorang untuk memperhatikan mulut anda, jika anda mendengkur ketika mulut terbuka maka bisa dipastikan anda mendengkur mulut. Hal yang dapat menjadi solusi yaitu pastikan mulut selalu tertutup.
  • Mendengkur Tenggorokan
Selain dua jenis di atas, mengdengkur juga dapat berasal dari getaran pada jaringan lunak di tenggorokan.

Cara Yang Paling Efektif Untuk Menghilangkan Ngorok

Mendengkur jika menjadi suatu kebiasaan akan menghasilkan kualitas tidur yang buruk seorang pendengkur, dan akan menggangu seseorang yang tidur dekat dengan pendengkur. Suara dengkuran akan membuat seseorang yang didekatnya sulit untuk tidur karena suara dengkuran yang keras. Maka dari itu, berikut cara menghilangkan ngorok atau mendengkur.
  • Menurunkan berat badan
Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan tidur ngorok karena lingkar leher yang besar dapat meningkatkan lemak yang menekan tenggorokan. Menurunkan berat badan merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan atau mengurangi kebiasaan mendengkur.
  • Olahraga
Olahraga dapat membantu mengurangi resiko mendengkur saat tidur. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga dapat membuat otot-otot pada tumbung mengencang khususnya otot-otot di sekitar tenggorokan sehingga dapat menghilangkan mendengkur.

Berhenti mengkonsumsi alkohol, merokok, dan minum obat penenang
Berhentilah mengkonsumsi ketiganya karena, meminum alkohol dapat membuat otot-otot pada saluran udara melemas sehingga membuat mendengkur cukup parah. Sedangkan merokok dapat membuat jalannya napas tersumbat sehingga menimbulkan suara ngorok. Selain itu obat penenang dapat membuat otot – otot menjadi rileks dan resiko mendengkur tidak dapat dihindari.
  • Perbaiki pola tidur
Jangan tidur terlentang, karena jika anda tidur terlentang maka lidah akan menutupi jalannya pernapasan sehingga menimbulkan akibat mendengkur. Oleh sebab itu sebaiknya anda tidur menyamping. Anda dapat tidur menyamping dengan bantuan bantal agar posisi anda tidak berubah.
  • Mengkonsumsi jahe
Jahe mengandung zat anti inflamasi yang dapat membuat tenggorakan anda terhindar dari sumbatan dan memperlancar saluran pernapasan. Campurkan jahe dengan madu agar dapat membuka rongga hidung dan tenggorokan, hal ini sangat membantu dalam mengurangi kebiasaan mendengkur.
  • Minumlah teh mint
Minumlah teh mint sebelum anda tidur dan lakukan setiap hari. Teh mint dapat membantu mengurangi resiko mendengkur karena mengandung mentol mengandung mentol yang dapat mengurangi lendir pada paru-paru. Selain itu, teh mint juga mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi tubuh.
  • Mengkonsumsi bawang putih
Banyak yang tidak mengetahui manfaat dari bawang putih. Bawang putih ternyata dapat mengatasi masalah mendengkur atau ngorok. Hal ini disebabkan bawang puting dapat mengurangi pembuatan lendir pada hidung dan peradangan pada sistem pernapasan.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan memakan bawang putih mentah sebanyak 1-2 setiap hari dan kemudian minum segelas air mineral. Lakukan hal ini sebelum anda tidur agar tidur lebih nyenyak dan mengurangi dengkuran.
  • Mengkonsumsi kunyit
Kunyit dapat mengobati peradangan dan membantu mengurangi dengkuran. Kunyit merupakan obat alami yang mengandung anti septik dan anti biotik yang kuat. Minumlah susu yang dicampur dengan kunyit, dengan begitu akan melegakan tenggorokan dan membantu anda bernapas saat tidur serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Napas yang lega dapat mengurangi dengkuran.
Menggunakan mentega

Tidak ada yang menyangka kalau mentega dapat digunakan untuk mengurangi dengkuran. Mentega memiliki sifat tertentu yang dapat membuka saluran hidung yang tersumbat sehingga membantu anda mengurangi dengkuran dan tidur lebih nyaman. Hal yang perlu dilakukan adalah hangatkan sebagian kecil mentega dengan microwave, kemudian gunakan pipet untuk meneteskan sekitar dua atau tiga tetes mentega yang sudah hangat ke dalam hidung anda. Lakukan hal ini sebelum tidur dan sesudah tidur untuk setiap harinya.
  • Menghirup Uap panas
Salah satu penyebab mendengkur adalah hidung yang tersumbat. Dengan menghirup uap panas dapat menghilangkan sumbatan pada hidung, dengan kata lain dapat melegakan pernapasan. Hal yang perlu dilakukan adalah tuangkan air panas pada mangkok besar atau baskom, kemudian tambahkan tiga tetes minyak kayu putih atau menyak esensial pohon teh ke dalam mangkok tersebut. Hirup uap dalam – dalam melalui hidung dan lakukan berulang - ulang selama sepuluh menit. Lakukan setiap hari sampai hidung anda sudah tidak tersumbat lagi.

Dengan melakukan beberapa cara pengobatan yang sudah dijelaskan di atas, anda dapat mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan mendengkur dan dapat membuat tidur yang lebih sehat serta tidak mengganggu orang lain di sekitar. Demikian 10 cara menghilangkan dengkuran atau ngorok secara alami, dan bahan mudah didapatkan serta cara diatas dapat digunakan untuk semua umur, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Ketahuilah jenis dengkuran anda dan cara menghilangkan atau mengurangi dengkuran secara alami.

Description: 10 Cara Menghilangkan Ngorok (Mendengkur)
Rating: 4.5
Reviewed by: Yudhi Irawan
On: 5:55 AM
TOP