6 Khasiat Minyak Bulus Untuk Penyakit Kulit

Minyak bulus memiliki khasiat yang sangat bagus untuk pengobatan kulit serta perawatan kulit itu sendiri. Tidak hanya itu, minyak bulus juga bagus digunakan untuk perawatan organ intim pria dan wanita. Minyak bulus termasuk ramuan yang digunakan sebagai obat luar, jadi minyak bulus bukan untuk dikonsumsi. Penggunaan minyak bulus secara teratur akan memberikan hasil yang maksimal pula. Karenanya sebisa mungkin saat melakukan terapi minyak bulus ini harus terus berkelanjutan atau tidak di jeda hingga hasil yang diinginkan tercapai.

Untuk manfaat minyak bulus pada kulit lebih baik dilakukan dulu tes alergi. Karena kondisi kulit tiap orang berbeda. Oleskan minyak bulus ini pada bagian kulit tertentu dan tunggu hingga sekitar 1 jam. Jika tidak ada reaksi alergi seperti kulit kemerahan dan terasa gatal berarti minyak bulus aman digunakan. Minyak bulus sendiri berasal dari lemak hewan bulus yang banyak terdapat di hutan pedalaman Kalimantan. Karena proses mendapatkan bulus dan pengolahan minyaknya yang lumayan susah, maka harga minyak bulus ini cukup mahal.

Namun jika sampai menemukan minyak bulus yang harganya murah, maka ada 2 kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan pertama minyak bulus tersebut dijual langsung oleh produsennya sehingga tidak ada tambahan biaya apapun. Kemungkinan kedua, minyak bulus yang dijual tersebut sudah dicampur bahan lain atau bahkan minyak bulus palsu. Biasanya campuran bahan lain tersebut adalah minyak ular sanca dan minyak goreng.

Kandungan dalam minyak bulus

Apa yang membuat minyak bulus ini sangat ampuh sebagai obat perawatan kulit ? Ternyata minyak bulus ini mengandung vitamin E yang begitu tinggi sehingga sangat bagus sebagai obat luar untuk kulit. Seperti yang diketahui bahwa vitamin E memiliki fungsi sebagai pembentuk sel-sel baru pada kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, membentuk kolagen untuk mengencangkan kulit serta menyamarkan noda hitam di kulit.

Selain itu terdapat pula kandungan vitamin C yang juga sama bagusnya bagi kesehatan kulit. Vitamin C merupakan anti oksidan yang sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi kulit. Vitamin C ini juga mengeluarkan kotoran yang ada di dalam sel kulit sehingga kulit bisa terlihat lebih putih dan bersih.

Khasiat minyak bulus menyembuhkan penyakit kulit

Kulit merupakan bagian paling sensitif dari tubuh yang akan meninggalkan bekas jika terluka. Meski kulit memiliki kemampuan untuk menyembuhkan bekas luka, namun ada kalanya luka yang disebabkan sangat parah sehingga meninggalkan bekas menahun atau bahkan selamanya. Bagi wanita khususnya, bekas luka pada kulit akan sangat menjengkelkan karena dapat mengurangi keindahan penampilan.

Berikut ini adalah khasiat minyak bulus pada beberapa penyakit kulit, seperti :

· Penyakit kulit koreng, bisul, cacar, gatal-gatal, kulit kering dan mudah terkelupas

Untuk penyakit kulit di atas bisa disembuhkan dengan perawatan menggunakan minyak bulus ini. Caranya cukup mudah dengan mengoleskan minyak bulus pada bagian kulit yang koreng, bisul atau gatal-gatal dan biarkan selama sekitar 1-2 jam. Setelah itu bersihkan dengan air bersih. Sebaiknya lakukan terapi ini sehari 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

· Penyakit kulit luka bakar

Jika mengalami luka bakar pada bagian tubuh tertentu lebih bagus jika dioles dengan minyak bulus. Namun sebelumnya jangan basahi luka bakar tersebut dengan air. Oleskan secara tipis-tipis minyak bulus tersebut lalu diamkan, tunggu sampai benar-benar mengering. Setelahnya jangan dibilas, biarkan saja minyak bulus tersebut meresap. Karena kandungan minyak bulus juga sangat ampuh dalam mempercepat penyembuhan luka kulit. Minyak bulus ini mengandung anti iritasi dan anti peradangan. Gunakan minyak bulus maksimal 2 kali sehari sampai lukanya benar-benar sembuh.

· Penyakit kulit eksim

Untuk terapi menyembuhkan penyakit kulit eksim ini diperlukan kesabaran hingga benar-benar bisa sembuh. Akan lebih bagus jika ramuan minyak bulus ini dicampur dengan biji mahoni. Caranya dengan menumbuk biji mahoni hingga halus lalu campur dengan minyak bulus. Oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim secara perlahan dan merata. Karena proses penyembuhannya yang lama sehingga harus rutin dalam melakukan terapi minyak bulus dan biji mahoni ini.

· Penyakit kulit pecah-pecah

Biasanya sering dialami oleh para ibu rumah tangga dan seringnya pula adalah bagian kulit tumit kaki yang pecah-pecah. Terkesan sepele karena hanya bagian tumit yang kulitnya pecah-pecah, padahal hal tersebut bisa merusak penampilan juga, terutama jika alas kaki yang digunakan terbuka dan mengekspos bagian tumit. Nah, untuk mengatasinya cukup oleskan saja minyak bulus ini pada bagian kulit yang pecah-pecah secara merata. Biasanya dalam waktu 1-2 minggu hasil kulit tumit yang mulus akan terlihat.

· Penyakit kulit strechmark

Strechmark ini umumnya dialami oleh ibu-ibu yang baru melahirkan. Sama halnya dengan selulit, strechmark ini sangat mengganggu penampilan dan bersifat selamanya. Untuk menghilangkan strechmark atau selulit ini tidak perlu melakukan operasi, cukup oleskan saja minyak bulus pada bagian selulit dan strechmark tersebut. Sambil dioles lakukan pula pijatan secara perlahan untuk memperlancar aliran darah. Setelah itu bilas dengan air bersih. Agar hasilnya lebih maksimal tambahkan dengan menggosok strechmark tersebut dengan es batu selama sekitar 15 menit.

· Penyakit kulit jerawat

Setiap orang pasti akan mengalami jerawat ini, namun terkadang ada yang jerawatnya muncul sampai diseluruh permukaan wajah. Belum lagi bekas jerawat tersebut meninggalkan noda hitam yang tentu merusak kecantikan atau ketampanan wajah. Untuk menyembuhkannya cukup menggunakan ramuan minyak bulus. Pertama-tama cuci wajah dengan air bersih, sabun wajah dan kemudian keringkan. Jika wajah sudah dalam kondisi kering lalu oleskan minyak bulus pada bagian jerawat atau noda hitamnya.

Tidak mau repot ? Oleskan tipis-tipis ke seluruh permukaan wajah. Lebih praktis karena bisa menghasilkan kulit wajah yang bersih secara keseluruhan. Lebih bagus digunakan sebelum tidur sampai pagi, agar khasiat minyak bulus lebih masuk ke dalam kulit. Dan jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih.

Tips mengenali minyak bulus yang asli

Di atas sudah disinggung bahwa di pasaran saat ini beredar pula minyak bulus yang palsu. Bagi mereka yang sudah pernah menggunakan minyak bulus asli tentu sangat mudah untuk membedakan yang asli dan yang palsu. Bagaimana dengan mereka yang baru pertama kali membeli ? Untuk mengetahui minyak bulus tersebut asli atau palsu perhatikan beberapa hal berikut :

1. Kenali baunya, minyak bulus yang asli akan mengeluarkan bau amis karena minyak tersebut benar-benar berasal dari lemak hewan bulus. Sedangkan yang palsu bau amisnya tidak menyengat atau bahkan tidak berbau sama sekali.

2. Terjadi penggumpalan jika disimpan lama. Minyak bulus asli akan menggumpal ketika disimpan dalam waktu 1-2 minggu, sedangkan minyak bulus palsu tidak akan menggumpal meski bertahun-tahun disimpan.

3. Perbedaan harga yang jauh. Minyak bulus asli memiliki harga yang cukup mahal, namun masih terhitung harga yang masuk akal. Sedangkan minyak bulus palsu biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hewan bulus ini sangat susah, belum lagi biaya transportasi jika minyak bulus tersebut akan dijual di luar kota. Proses pengolahannya yang lama juga mempengaruhi harga minyak bulus.
Description: 6 Khasiat Minyak Bulus Untuk Penyakit Kulit
Rating: 4.5
Reviewed by: Yudhi Irawan
On: 6:33 PM
TOP