10 Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih yang paling umum dan paling sering kita jumpai adalah sebagai salah satu bumbu masakan. Bawang putih memiliki bentuk kecil atau tergantung dengan jenisnya, berkelompok dan bau yang sangat menyengat. Bawang putih bisa menambah rasa masakan menjadi lebih gurih dan harum. Pemakaian bawang putih sebagai bumbu masakan sudah dilakukan sejak lama. Namun, sekarang pemakaian bawang putih sebagai obat tradisional mulai banyak digunakan. Bawang putih bisa mengobati berapa jenis penyakit secara alami.

Mengapa Bawang Putih Bisa Bermanfaat Sebagai Obat
  • Bawang putih dianggap sebagai salah satu jenis bumbu yang bisa mengobati beberapa jenis penyakit. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung beberapa zat yang ampuh untuk mengobati dan mengurangi rasa sakit. Berikut ini beberapa zat penting yang sangat berkhasiat pada bawang putih.
  • Bawang Putih mengandung senyawa allisin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi dan menyerang infeksi bakteri, virus maupun kuman. Bahkan senyawa ini bisa menjadi sumber anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh. And bisa meletakkan potongan bawang putih yang dibiarkan pada udara terbuka, maka bawang itu akan membusuk dan hancur. 
  • Bawang putih memiliki kandungan belerang yang bisa menyerap racun. 
  • Bawang putih kaya akan selenium yang baik untuk kesehatan jantung. 
  • Senyawa alisin dan allin bisa melancarkan peredaran darah, membantu sistem pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berbagai Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Mengobati Infeksi Kulit
Jika Anda memiliki infeksi kulit atau kuku, maka coba saja untuk memakai bawang putih. Bawang putih yang masih segar bisa memerangi berbagai jenis infeksi karena bakteri, kuman atau infeksi cacing pada kulit. Beberapa senyawa anti oksidan dalam bawang putih sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam infeksi.

Bawang putih biasanya dipakai oleh para atlit untuk mengobat infeksi kaki yang lembab. Cara pakai bawang putih untuk mengobati infeksi adalah potong beberapa siung bawang putih dan tempelkan pada bagian yang terinfeksi. Ulangi beberapa saat sehingga infeksi bisa sembuh total.

Bawang Putih Mencegah Pembekuan Darah
Masalah penyakit jantung san stroke menjadi penyakit yang menakutkan. Penyakit ini disebabkan karena beberapa faktor salah satunya adalah terjadinya pembekuan darah dalam pembuluh darah atau arteri. Bahan pembekukan darah juga bisa disebabkan karena timbunan plak dalam arteri. Kandungan zat ajone dalam bawang putih bisa bermanfaat untuk mencegah proses pembekuan darah.

Hal inilah yang membuat bawang putih bisa menjadi obat untuk penyakit jantung dan stroke. Bahkan bawang putih juga bisa mencegah pendarahan sesudah operasi. Cara pakai bawang putih untuk mencegah strok adalah dengan mengkonsumsi satu siung mentah bawang putih.

Bawang Putih Mengatur Tekanan Darah
Kandungan alisin dalam bawang putih berkhasiat untuk meningkatkan dan menurunkan tekanan darah. Bawang putih juga mengandung para polisulfida yang dapat merubah menjadi gas hidorgen sulfide.

Gas ini berperan untuk melebarkan pembuluh darah dan juga sistem tekanan darah. Jadi bawang putih bisa membuat tekanan darah menjadi normal pada penderita hipertensi dan juga menaikkan tekanan darah pada masalah darah rendah. Cara pakai bawang putih untuk menormalkan tekanan darah adalah dengan cara mengkonsumsi bawang putih mentah sebagai lauk atau dengan nasi.

Bawang Putih untuk Melindungi Jantung
Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting. Jantung berfungsi untuk memompa darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah. Jantung juga berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh dan membantu proses metabolisme.

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah, memperlambat pembentukan plak pada arteri dan menyerang radikal bebas yang ada dalam darah. Hal inilah yang membuat bawang putih sangat berkhasiat untuk melindungi kesehatan jantung. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah untuk mendapatkan khasiat murni  bawang putih.

Bawang Putih Mengatur Kadar Kolesterol
Kolesterol adalah salah satu jenis senyawa yang masak ke tubuh melalui zat makanan dan mengalir dalam pembuluh darah. Kolesterol dapat menyebabkan timbunan lemak di bawah kulit, serangan jantung dan penyakit stroke.

Tapi bawang putih mengandung semua senyawa yang diperlukan untuk mengatur kadar kolesterol buruk dalam darah. Kandungan alisin membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan merubahnya menjadi kolesterol baik. Anda bisa membuat juas bawang putih sebagai terapi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Bawang Putih Membantu Meredakan Gejala Flu
Flu atau influenza adalah salah satu jenis penyakit yang sangat umum. Flu bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak dan orang tua. Gangguan karena flu biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gangguan tenggorokan dan juga pilek. Bawang putih membantu tubuh untuk membentuk kekebalan alami dan menyerang semua virus penyebab flu. Anda bisa memakai bawang putih sebagai obat dengan cara membuat jus bawang putih yang akan meredakan gejala flu dan sakit tenggorokan.

Bawang Putih Mencegah Kanker Payudara
Kanker payudara adalah jenis kanker yang sangat tinggi. Setiap tahun angka penderita kanker payudara selalu meningkat. Bawang putih bisa menjadi salah satu obat yang ampuh untuk melawan perkembangan sel kanker. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang bisa menghambat pertumbuhan sel atau senyawa yang memacu pertumbuhan kanker payudara. Jadi konsumsi satu siung bawang putih bisa membantu tubuh mencegah pembentukan sel kanker.

Bawang Putih Bermanfaat untuk Mengatasi Anemi
Anemia adalah gejala penyakit yang disebabkan karena kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Penyakit ini biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala seperti tubuh yang terasa lemah, letih, lesu dan emosi yang tidak stabil. Kandungan bawang putih seperti sulfide bisa meningkatkan produksi feroportin (senyawa yang bekerja untuk menyerap zat  besi dalam tubuh).

Hal ini membuat bawang putih bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah, meningkatkan proses metabolisme dan mencegah kekurangan zat besi. Anda bisa memakai bawang putih dengan cara mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari.

Bawang Putih Meredakan Sakit Gigi
Apakah Anda pernah sakit gigi? Sakit gigi bisa disebabkan karena gigi berlubang atau infeksi kuman atau bakteri pada celah gigi. Sakit gigi bisa menyebabkan gangguan yang tidak nyaman pada daerah kepala dan mulut. Selain itu terkadang sakit gigi bisa menyebabkan sakit kepala yang parah. Untuk mengatasi sakit kepala karena gangguan pada gigi maka Anda bisa memakai bawang putih. Bawang putih mengandung  zat antibakteri dan juga meredakan rasa sakit. Anda bisa meletakkan irisan beberapa siung bawang putih yang sudah dihaluskan pada bagian gigi yang sakit.

Bawang Putih Membantu Diet
Apakah Anda sedang mencoba untuk diet? diet banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan dan juga untuk memelihara kesehatan. Salah satu metode diet dengan bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa yang bisa mencegah potensi proses penyerapan lemak menjadi kolesterol dan membantu memperlancar proses metabolisme tubuh.
Description: 10 Manfaat Bawang Putih
Rating: 4.5
Reviewed by: Yudhi Irawan
On: 1:41 AM
TOP