9 Manfaat Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Susu kedelai adalah susu yang dibuat dengan bahan dasar kedelai. Proses pembuatan susu kedelai sangat mudah dan Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan alami dan tanpa bahan pengawet.

Pada awalnya kedelai yang akan digunakan untuk membuat susu harus direndam untuk beberapa saat. Setelah itu jika kedelai sudah lunak dihaluskan dengan blender atau mesin penggiling. Air perasan yang didapatkan dari kedelai dapat di rebus hingga matang. Anda bisa menambahkan gula sesuai dengan selera.

Dalam susu kedelai ditemukan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa nutrisi yang sangat penting itu antaralain adalah protein, vitamin, mineral, asam lemak esensial dan serat. Nutrisi ini bisa menyediakan berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu mengkonsumsi susu kedelai juga sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan.

Susu Kedelai untuk Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah salah satu jenis penyakit yang banyak ditemukan pada orang lanjut usia. Penyakit ini menyerang tulang dan menyebabkan rasa sakit pada tulang yang rapuh. Wanita yang sudah mengalami menopause sangat berpotensi untuk terserang osteoporosis. Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai ternyata bisa membuat tubuh menyerap kalsium sehingga tubuh tidak akan mengalami kekurangan kalsium. Anda bisa mengkonsumsi dua gelas susu kedelai murni untuk mencegah osteoporosis.

Susu Kedelai untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi susu sapi atau susu tinggi lemak, maka bisa mencoba mengkonsumsi susu kedelai untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lemak dalam susu kedelai termasuk dalam lemak yang tidak mengandung kolesterol.

Hal ini akan membuat tubuh tidak menyerap kolesterol jahat tambahan dan mencegah penyerapan kolesterol jahat. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik untuk tubuh.

Susu Kedelai untuk Mencegah Kanker Prostat
Susu kedelai memiliki kandungan senyawa pitoesterogen yang sangat baik untuk menghambat pertumbuhan hormon testosteron pada pria. Banyak pria yang menderita kanker prostat karena memiliki hormon testosteron yang cukup tinggi. Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat mengurangi resiko kanker prostat.

Susu Kedelai Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Sakit jantung adalah penyakit yang mematikan dan sulit untuk dicegah. Pada beberapa orang yang memiliki riwayat kesehatan jantung bisa memiliki potensi penyakit jantung yang lebih besar. Penyakit jantung dapat disebabkan karena gangguan pembuluh darah yang terlalu banyak memuat kolesterol, penyempitan pembuluh darah dan munculnya plak pada arteri jantung.

Konsumsi susu kedelai secara rutin bisa menjadi salah satu minuman diet yang memperbaiki fungsi jantung. Susu kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah dan tinggi lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu susu kedelai juga mengandung protein yang bisa mendukung kesehatan jantung. Susu kedelai bisa menjaga sistem kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah.

Susu Kedelai Berfungsi untuk Memperkuat Pembuluh Darah
Dalam susu kedelai ditemukan kandungan nutrisi omega-3 dan omega-6 yang bisa berperan penting untuk melindungi pembuluh darah. Senyawa yang dikandung dalam susu kedelai mampu mencegah luka pada pembuluh darah, mengikat semua lapisan pelindung pembuluh darah dan mempertahankan kesehatan sel-sel lapisan pada pembuluh darah dari zat radikal bebas. Selain itu susu kedelai juga dapat meningkatkan aliran darah dan tekanan pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi lebih sehat.

Susu Kedelai Mencegah Resiko Diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Susu kedelai mengandung vitamin D dan magnesium. Mengkonsumsi susu kedelai dapat mencegah tubuh dari kekurangan magnesium dan vitamin D sehingga resiko diabetes tipe 2 menjadi lebih kecil. Susu kedelai juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 sehingga membantu menormalkan kadar gula dalam darah.

Susu Kedelai Membantu Mengurangi Tekanan Emosi
Emosi manusia dapat dipengaruhi oleh berbagai macam sebab. Gangguan emosi dan tekanan emosi juga bisa disebabkan karena kekurangan magnesium dan vitamin B yang menekan kondisi mental seseorang. Susu kedelai mengandung vitamin B6, yaitu vitamin yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi serotonin (senyawa yang mampu memberi efek menyenangkan pada perasaan).

Selain itu susu kedelai juga mengandung magnesium yang bisa meningkatkan kadar serotonin dan efektif untuk mencegah perasaan gelisah dan depresi. Hal inilah yang membuat susu kedelai bermanfaat untuk mencegah emosi tinggi dan mampu membuat efek menyenangkan untuk perasaan.

Susu Kedelai untuk Menurunkan Berat  Badan
Apakah Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi susu kedelai secara rutin. Dalam satu cangkir susu kedelai hanya mengandung sekitar 8 gram gula alami dan setidaknya 75 kalori. Hal ini bisa membantu tubuh menyerap kalori yang lebih sedikit sehingga bisa membantu program diet.

Selain itu susu kedelai juga mengandung asal lemak tak jenuh yang bekerja untuk membantu proses penyerapan nutrisi pada usus, melancarkan proses pencernaan sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Susu kedelai juga mengandung serat yang tinggi sehingga perut bisa merasa kenyang lebih lama.

Susu Kedelai Membantu Pemeliharaan Kesehatan Saat Menopouse
Menopouse menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi wanita. Pada saat wanita sudah masuk dalam tahap menopause maka bisa mengalami beberapa resiko penyakit berat seperti jantung, obesitas dan juga diabetes.

Hal ini disebabkan karena kadar estrogen dalam wanita yang sudah masuk masa menopause menurun drastis. Kandungan fitoestrogen alami dalam susu kedelai dapat menggantikan sumber estrogen yang hilang dalam tubuh. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat mencegah berbagai jenis penyakit, meningkatkan kesehatan dan mengurangi sindrom emosi setelah menopause.

Susu Kedelai Memelihara Kesehatan Mata
Susu kedelai mengandung sebuah senyawa yang dinamakan genistein isoflavon. Semua kandungan senyawa ini ditemukan dalam semua produk kedelai termasuk susu kedelai. Senyawa ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata terutama untuk meningkatkan kesehatan retina dan mencegah katarak. Mengkonsmsi susu kedelai secara rutin juga dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan karena gangguan penglihatan seperti rabun.

Susu kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan. Semua kandungan nutrisi berpotensi untuk mencegah berbagai jenis penyakit seperti jantung, hipertensi, diabetes dan kanker. Namun mengkonsumsi susu kedelai juga memiliki resiko seperti demam pada orang yang memiliki alergi pada produk kedelai. Jika itu terjadi, maka jangan mengkonsumsi susu kedelai.

Selain itu manfaat terbaik dari susu kedelai didapatkan dari susu kedelai yang segar. Jika Anda mengkonsumsi susu kedelai buatan atau kemasan maka amati semua kandungan bahan pada label kemasan. Lebih baik jika mengkonsumsi susu kedelai tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.
Description: 9 Manfaat Susu Kedelai
Rating: 4.5
Reviewed by: Yudhi Irawan
On: 5:45 AM
TOP