Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Secara Alami

4 Cara menghilangkan kutu rambut berikut ini menjadi satu informasi dasar yang mesti diketahui. Mengapa demikian? Hal ini karena kutu rambut menjadi salah satu permasalahan yang umum terjadi. Di Amerika Serikat sendiri 6-12 juta anak setiap tahunnya mengalami masalah dengan kutu rambut.

Sementara di Indonesia kurang lebih 15% penduduknya terutama anak-anak memiliki masalah dengan kutu di rambut. Persentase yang cukup tinggi memang, mengingat kutu rambut merupakan salah satu masalah rambut yang serius yang bisa menular saat penderita berinteraksi dengan orang lain.

Kutu hidup sebagai parasit di kulit kepala. Sebagian besar kutu memiliki warna yang sama dengan warna rambut. Umumnya kutu rambut menyukai rambut yang kotor, lembab, dan tidak terawat. Karenanya kutu rambut sering diidentikan dengan kondisi lingkungan yang kumuh dan jauh dari kata bersih.

Selain itu, kutu bisa juga terdapat di genangan air yang kurang bersih atau tercemar yang seringkali juga menjadi sarang penyakit. Bila kutu sudah menyerang diperlukan perawatan tepat secepatnya. Pasalnya kutu betina dapat bertelur sebanyak 6 buah setiap hari yang mana telur tersebut akan menetas kurang dari 8 hari. Jika terlambat sebentar saja bisa jadi puluhan dan bahkan ratusan kutu bersarang di rambut Anda. Tentu siapa pun tidak ingin rambutnya menjadi sarang kutu bukan.

Adanya kutu di rambut membuat seseorang merasa gatal luar biasa, sehingga sering memaksa untuk menggaruk-garuk kepala. Usahakan untuk tidak menggaruk kulit kepala meski terasa sangat gatal. Karena kegiatan menggaruk hanya akan menyebabkan iritasi dan lecet.

Kutu pun menyenangi kondisi kulit kepala yang terluka. Karena itu, sebisa mungkin abaikan rasa gatal yang muncul dan segera usir kutu di rambut dengan beberapa cara menghilangkan kutu rambut berikut ini:

Memotong Rambut
Memotong rambut menjadi salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengusir kutu rambut. Pada pria mungkin mudah saja karena cukup memangkas rambut cepak atau bahkan botak, maka kutu dapat langsung hilang. Akan tetapi, bagi wanita bisa dipotong pendek guna meminimalisir pertumbuhan kutu. Pasalnya semakin panjang rambut bisa jadi kutu akan semakin tumbuh subur, terlebih bila kebersihan rambut tidak terjaga.

Menggunakan Sisir Bergigi Rapat atau Serit
Menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat atau serit cukup efektif untuk menangkap kutu. Sisir dapat menghilangkan kutu yang bergelantungan di rambut. Meski tidak ampuh mengusir kutu rambut secara total sekaligus, tetapi penggunaan sisir ini sangat membantu mengurangi jumlah kutu di rambut. Pastinya cara ini bisa dicoba jika memotong rambut bukan menjadi cara pilihan.

Menggunakan Obat Kimia Pembasmi Kutu Rambut

Obat kimia pembasmi kutu rambut tersedia di toko obat dan apotik. Hasilnya cukup efektif membunuh kutu rambut. Hanya saja terkadang bisa juga menyebabkan masalah pada rambut seperti ketombe, rambut rontok, atau kulit kepala menjadi gatal. Karenanya cara menghilangkan kutu rambut dengan obat kimia ini bukan prioritas untuk dilakukan.

Menggunakan Bahan Alami
Sejumlah bahan alami bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir kutu di rambut. Bahkan penggunaan bahan alami ini lebih murah dan aman dibanding menggunakan obat kimia pembasmi kutu. Berikut ini diberikan beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengusir kutu rambut:

Cuka Putih
Kadar asam cuka putih cukup ampuh untuk membunuh kutu di rambut. Tidak hanya itu saja, cuka putih juga dapat menghancurkan telur kutu yang belum menetas. Perawatan bisa Anda lakukan dengan cara mengoleskan cuka putih yang sebelumnya sudah diencerkan dengan air pada kulit kepala secara merata. Oleskan sembari pijat ringan.

Setelah itu tutup kepala Anda dengan handuk atau topi plastik mandi kurang lebih selama 20-30 menit. Biarkan cuka putih bekerja melemahkan kutu beserta telurnya. Setelah itu, lanjutkan dengan bilas menggunakan shampoo sampai bersih dan pastikan tidak ada cuka putih yang tersisa di rambut.

Minyak Kelapa
Tidak kalah efektif dibanding cuka putih, minyak kelapa juga menjadi cara menghilangkan kutu rambut yang aman dan patut dicoba. Caranya dengan membalurkan minyak kelapa secara merata dari pangkal sampai ujung rambut. Pastikan Anda membalurkan minyak kelapa secara merata. Setelah itu tutup kepala Anda dengan shower cap atau handuk selama 6 jam. Memang cukup memakan waktu lama karenanya lebih baik dilakukan sesaat sebelum Anda tidur. Di esok harinya Anda bisa keramas sampai benar-benar tidak ada minyak kelapa yang tersisa.

Bawang Merah
Kandungan sulfur di dalam bawang merah juga mampu membunuh kutu rambut secara efektif. Perawatan dengan bawang merah cukup mudah. Siapkan 4-5 butir bawang merah. Kupas lalu blender sampai berbentuk pasta. Balut dengan kain lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Oleskan sari bawang merah tersebut pada kulit kepala sembari pijat perlahan.

Tutup kepala Anda dengan handuk atau shower cap kurang lebih 1 jam. Lanjutkan perawatan dengan keramas seperti biasa untuk menghilangkan kutu dan sisa sari bawang merah yang menempel. Keringkan rambut lalu sisir perlahan dengan sisir serit untuk hasil lebih optimal.

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Kombinasi minyak kayu putih dan jeruk nipis sampai saat ini terbukti efektif mengusir kutu di rambut. Peras 2 buah jeruk nipis untuk mendapatkan sarinya. Tambahkan 6 sdm minyak kayu putih lalu aduk agar keduanya bercampur merata. Aplikasikan campuran minyak kayu putih dan sari jeruk nipis pada seluruh bagian rambut dan juga kulit kepala. Diamkan selama 2 jam dalam kondisi kepala tertutup handuk atau shower cap. Bila sudah lanjutkan dengan bilas menggunakan shampoo sampai bersih.

Selain beberapa cara menghilangkan kutu rambut di atas, masih ada pula tips tambahan yang mesti dilakukan guna mencegah tumbuhnya kutu di rambut. Beberapa tips tersebut diantaranya:

Usahakan Menjaga Kebersihan Rambut
Untuk mencegah tumbuhnya kutu di rambut usahakan menjaga kebersihan rambut Anda setiap hari. Pasalnya kutu rambut cukup senang dengan rambut kotor yang tidak terawat dan lembab. Oleh karena itu, keramas secara rutin minimal 2-3 hari sekali dengan menggunakan produk shampoo yang cocok. Tidak perlu keramas setiap hari karena malah akan menghilangkan minyak alami rambut sehingga membuat rambut menjadi kering.

Hindari Berbagi Penggunaan Asesoris Rambut
Hindari berbagi penggunaan asesoris rambut misal sisir, topi, atau lainnya. Terutama pada teman atau saudara yang positif memiliki kutu rambut. Hal ini karena asesoris rambut yang digunakan bersama bisa menjadi media perpindahan kutu.

Selain itu, usahakan pula untuk tidak tidur berdampingan dengan orang memiliki kurut rambut. Bila salah satu anggota keluarga Anda benar memiliki kutu di rambut, segera atasi dengan mencoba cara-cara yang sudah diberikan di atas.

Demikian beberapa cara menghilangkan kutu rambut dan sedikit tips tambahan untuk mencegah tumbuhnya kutu di rambut. Terus jaga kebesihan dan kesehatan rambut Anda agar terhindari dari masalah berbagai rambut. Sekian ulasan kali ini. Semoga memberi ulasan yang bermanfaat.
Description: Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Secara Alami
Rating: 4.5
Reviewed by: DEP Kolektor
On: 2:30 AM
TOP