Tips Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Secara Alami

5 cara merawat kulit berminyak berikut tentu menarik untuk dikupas. Pasalnya kulit berminyak menjadi salah satu masalah kulit yang umum dialami orang dewasa baik wanita atau pria. Kulit berminyak jelas sangat mengganggu. Betapa tidak.

Kulit berminyak membuat kulit wajah terlihat mengkilap, kusam, membuat kosmetik yang dipakai mudah luntur, dan parahnya kulit berminyak memicu munculnya komedo atau jerawat.

Apakah kulit wajah Anda termasuk tipe berminyak? Untuk mengetahui apakah kulit Anda termasuk tipe kulit berminyak atau bukan, mudah saja. Kulit berminyak memiliki beberapa ciri khusus yang sangat ketara. Berikut beberapa diantaranya:

  • Kulit wajah nampak mengkilap terutama di di area dahi, hidung, dan dagu 
  • Pori-pori kulit cenderung lebar 
  • Lapisan kulit tanduk seringkali terkelupas 
  • Banyak terdapat komedo 
  • Tingkat elastisitas kulit tinggi 
Dari ciri kulit berminyak di atas diketahui bahwa seseorang dengan tipe kulit berminyak memang berpotensi untuk terlihat awet mudah karena elastisitas kulitnya cukup tinggi dibanding tipe kulit wajah lainnya.

Namun, hal tersebut hanya akan tercapai jika kulit berminyak dirawat dengan perawatan tepat. Sebelum membahas cara merawat kulit berminyak agar tidak tampak kusam dan berjerawat ada baiknya bila mencari tahu apa penyebab wajah berminyak.

Penyebab utama kulit berminyak yaitu karena kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak dalam jumlah berlebih. Minyak wajah sejatinya dibutuhkan dalam kaitannya menjaga kulit wajah tetap lembab.

Hanya saja, bila produksi minyak wajah berlebih akibatnya menyebabkan seseorang bermasalah dengan kulit berminyak yang mana juga berpotensi memicu gangguan kulit lain seperti kulit kusam, komedo, dan jerawat. Adapun kulit berminyak secara lebih lanjut dapat disebabkan karena beberapa faktor berikut:

  • Genetik: bila orang tua memiliki wajah berminyak, maka bisa jadi gen tersebut diturunkan kepada anak, sehingga anaknya juga memiliki wajah berminyak.
  • Kosmetik: penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok dapat memicu produksi minyak berlebih, terutama penggunaan produk kosmetik berbahan dasar minyak.
  • Obat-obatan: sejumlah produk obat diketahui dapat memicu produksi minyak wajah berlebih.
  • Pergantian musim: adanya pergantian musim berpengaruh pada peningkatan temperatur dan kelembaban yang memicu produksi minyak wajah berlebihan.
  • Tanning: pewarnaan kulit (tanning) memiliki efek negatif pada kulit, pada awal proses seringkali menyebabkan kulit menjadi kering tetapi berlanjut mengeluarkan minyak secara berlebihan.
  • Perubahan hormon: kaum wanita kerap mengalami perubahan hormon misal saat menstruasi, hamil, atau menopause yang mana perubahan hormon tersebut memicu produksi minyak berlebih.
  • Stress: tubuh memproduksi minyak berlebih sebagai respon pada stress yang dialami.
Penggunaan alat kecantikan: selain penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok, penggunaan alat kecantikan seperti bantal bedak atau sikat yang mengganggu kelembaban kulit juga memicu produksi minyak berlebih.

Apapun penyebab kulit berminyak, tentu perawatan diperlukan agar kulit yang berminyak tidak menyebabkan kulit kusam dan berjerawat. Tidak perlu khawatir karena berikut ini diberikan beberapa cara merawat kulit berminyak:

Rutin Membersihkan Wajah
Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit berminyak, usahakan untuk rutin membersihkan wajah di setiap pagi dan sebelum tidur. Penggunaan pembersih berbahan dasar alkohol tidak dianjurkan. Adapun agar hasilnya optimal gunakan busa cleanser yang telah dibubuhkan air hangat.

Bersihkan wajah secara menyeluruh sembari memberi pijatan ringan dengan gerakan searah jarum jam di sekitar dagu, hidung, dan dahi. Lalu akhiri bilas dengan air dingin. Adapun untuk mengeringkan wajah hindari menggosok dengan handuk. Cukup tepuk ringan kulit wajah Anda.

Jaga Kelembaban Wajah
Dalam upaya menjaga kelembaban kulit wajah, aplikasikan pelembab khusus kulit berminyak yang banyak tersedia di pasaran. Imbangi pula dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh misal dengan minum air putih sebanyak 2 liter setiap harinya. Karena banyak minum air putih sangat baik untuk membantu menghilangkan kotoran dan racun dalam tubuh.

Atur Pola Makan Sehat
Produksi minyak berlebih di kulit wajah dapat disebabkan karena asupan nutrisi tinggi lemak. Oleh karena itu, untuk cara merawat kulit berminyak selanjutnya batasi asupan makanan yang mengandung lemak misal makanan yang digoreng. Utamakan memilih menu makanan sehat seperti sayuran berkuah berupa sop atau lainnya.

Selektif Memilih Kosmetik

Memiliki kulit wajah berminyak tidak berarti melarang Anda untuk tampil cantik dengan riasan make up. Hanya saja dalam hal ini pilih produk kosmetik yang bebas kandungan minyak dan tidak menyumbat pori-pori. Karena bila pori-pori kulit tersumbat cukup berisiko pada munculnya jerawat.

Perawatan dengan Bahan Alami
Cara merawat kulit berminyak yang tidak kalah ampuh selanjutnya yaitu melakukan perawatan dengan bahan alami. Penggunaan bahan alami sangat dianjurkan karena terbukti aman dan tidak memberi efek samping berbahaya. Apalagi cara perawatan cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang dimaksud dapat Anda coba dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

Masker Pisang

Selain baik dikonsumsi saat menstruasi, buah pisang baik pula digunakan sebagai masker. Hal ini karena di dalam pisang terdapat kandunan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang sangat ampuh meminimalisir penuaan dini. Untuk membuat masker pisang sendiri terbilang mudah.

Siapkan buah pisang matang secukupnya lalu haluskan sampai lembut. Aplikasikan buah pisang pada wajah dan leher secara merata. Biarkan masker pisang bekerja kurang lebih selama 15 menit atau sampai masker cukup kering. Untuk hasil yang lebih optimal Anda bisa menambahkan madu asli dalam campuran masker.

Masker Lemon
Cara merawat kulit berminyak dengan masker lemon diyakini ampuh mengusir minyak berlebih dan sekaligus mencerahkan kulit secara alami. Masker lemon dapat Anda buat dengan memeras buah lemon dan menambahkan madu asli secukupnya. Aduk rata lalu aplikasikan pada kulit wajah sampai leher secara merata. Kandungan vitamin C dalam lemon akan membersihkan minyak secara tuntas. Untuk hasil yang lebih optimal imbangi dengan minum air lemon hangat sebagai upaya membersihkan kulit dari dalam.

Masker Pepaya
Buah pepaya mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit dan penuaan dini. Selain itu, di dalam pepaya juga terdapat zat papain yang bermanfaat menghilangkan sel kulit mati, sehingga mampu membuat kulit terlihat lebih cerah alami.

Tidak sulit membuat masker pepaya ini. Cukup dengan menghaluskan buah pepaya matang lalu mengaplikasikannya secara merata pada kulit wajah dan leher. Diamkan sampai masker cukup kering lalu bilas sampai bersih.

Itulah 5 cara merawat kulit wajah yang berminyak agar tidak kusam dan tidak menyebabkan jerawat. Dengan perawatan yang tepat kulit tipe berminyak sejatinya bisa terlihat awet muda. Silahkan praktikkan beberapa cara diatas. Pastikan untuk melakukan secara rutin agar hasilnya bisa optimal. Sekian ulasan tentang cara merawat kulit berminyak kali ini. Semoga memberi ulasan yang bermanfaat.
Description: Tips Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Secara Alami
Rating: 4.5
Reviewed by: Mr. Brunoo
On: 11:00 AM
TOP